Friday, January 28, 2011

Tips Menghemat Uang Anak Kos-kosan

1.      Memperhitungkan Uang Jatah
Kita harus benar-benar bisa memperhitungkan uang dari orangtua kita nih. Bisa sehari tu makan dijatah misal 15rb, trus uang bensin seminggu 10rb misalnya, uang pulsa, uang londry (*buat yang nge-londry). Dengan begitu kita bisa lebih teratur mengelola uang. Ya kalo mau makan di tempat enak sekali-sekali aja gan. Dengan begini terbukti ampuh akhir bulan gak bakalan kekurangan uang atau utang sana utang sini. Dijamin!

2.      Tahan Nafsu (Jangan Latah)
Maksudnya jika kita pergi sama teman atau sekedar nganter temen atau pacar ke supermarket, kita gak usah latah beli ini itu. Kalo memang gak penting dibeli jangan dibeli, misalnya odol belum benar-benar habis ya jangan beli dulu lah, ntar aja itu belinya. Tahan nafsu kalo emang punya temen yang “berpunya” sering jajan atau makan-makan di cafe. Boleh kok kamu ikut mereka untuk sekedar nongkrong-nongkrong, gak usah blagu ikut-ikutan beli deh! Gak usah gengsi kalo beli minuman yang paling murah harganya, sabodo teuing atuh! Kita ya kita, dia ya dia. Hari gini gengsi gak jaman tau!
3.      Berpetualang Tempat Makan
Untuk semester-semester awal jangan takut coba sana coba sini tempat makan. Karena dengan mencoba itu kita bisa membandingkan mana yang murah dan mana yang mahal. Trus jangan sungkan tanya-tanya kakak angkatan kalian, tempat makan mana yang murah dan enak. Saya sampai tahu ada yang jual nasi kuning dan Nasi Rames 2500 Rupiah (porsi banyak), Nasi Ayam cuma 4000 Rupiah, Nasi Goreng 4000-5000an. Murah bukan?


4.      Minum yang Nggak Berwarna
Bener ini gan! Kalo kita makan tuh mending dibawa pulang ke kos-an atau kalo memang mau makan di tempat minumnya air putih atau air es aja gan. Ya bukannya gak sama sekali minum yang berwarna kayak Nutris*ri, Es Teh, Susu dll, tapi frekuensinya dijarangin. Coba hitung kalo misal sehari makan 3X dan minum Es Teh 3X. 1000x3 = 3000, nah akumulasiin sebulan deh, totalnya buat minum es teh udah 90rb tuh!! Buset dah!!  



5.      Uang Didompet Seperlunya
Jadi di dompet hanya ada uang misal 50rb aja. Nah sisanya jangan diambil dulu di ATM atau kalo memang mau diambil semua, taruh deh di lemari uangnya itu. Ini pengalaman saya gan, jadi kalo uang jatah ditaruh di dompet semua, pasti! pasti latah liat uang banyak. Pengan jajan ini jajan itu. Yakin deh gan! Oya, waktu itu saya punya ide yang ampuh, gini deh jadi uang jatah misalnya sebulan 1jt. Nah minta dikirim ortu tuh setengahnya dulu, ntar tengah bulan baru minta dikirim lagi.


6.      Ngawul-awul
Apaan tuh ngawul?? Hha.. itu maksudnya beli sandang murah. Di Jogja banyak yang menjual sandang impor murah. Saya pernah dapet sweater bagus Cuma 60rb. Asal kita pintar-pintar memilih dan sabar, pasti dapet yang bagus. Dijamin kalo kita pinter milih, kualitas gak kalah sama yang dijual di Matah*ri atau outlet-outlet baju lainnya.

Mungkin itu tips dari saya, sambil kuliah mungkin nanti saya menemukan tips-tips baru lainnya. Terimakasih sudah mampir blog saya.



*gambar hanya ilustrasi
pict from : www.batamtoday.com, www.zariyat.blogspot.com, www.broadband-finder.co.uk, www.ferrousz.blogspot.com,

No comments:

Post a Comment